Hati-Hati dengan Kebiasaan ini! Dapat Memancing Hacker

Hati-hati Dengan Kebiasaan Ini Dapat Memancing Hacker

Hati-Hati dengan Kebiasaan Berinternet! Dapat Memancing Hacker

Hati-Hati dengan Kebiasaan ini (Berinternet)! Dapat memancing hacker – Dengan semakin maraknya kabar pencurian data dan informasi oleh hacker, masa kamu tidak takut datamu dicuri? Untuk menghindari data-datamu dicuri hacker, hindari kebiasaan-kebiasaan berikut saat berselancar di internet!

1. Mengakses Data Penting di WiFi Umum

Siapa sih yang nggak suka WiFi gratisan? Dengan WiFi gratis, kita bisa internetan bebas tanpa harus mikirin soal kuota. Tapi ingat, jangan sembarangan saat menggunakan WiFi gratisan.

Saat terhubung di WiFi umum yang menawarkan akses internet gratisan, kamu sebaiknya jangan membuka situs yang menyimpan banyak informasi penting, seperti transaksi perbankan, password manager, atau data kontak pribadimu. Soalnya WiFi umum ini lebih rentan terserang hacker. Supaya aman, sebaiknya terhubung dengan WiFi yang resmi saja.

2. Asal Isi Formulir Online
Kebiasaan Ini memancing hacker – Formulir online sering dimanfaatkan oleh pelaku cybercrime untuk mengumpulkan informasi tentang diri kamu. Karena itu, saat terhubung dengan internet di WiFi umum, jangan asal isi formulir online jika bukan dari organisasi resmi. Nggak mau kan akun email dan alamat rumahmu dibanjiri spam?

Baca Juga : Cara Aman Belanja Online

3. Asal Posting di Media Sosial

Berbagi status atau foto di media sosial memang seru. Kamu pamer makan di tempat enak atau habis beli barang baru. Tapi, harus tetap terkontrol ya! Jangan sampe kamu lupa hal yang layak dan tidak layak untuk dibagikan ke media sosial.

Membagikan informasi pribadi, seperti tempat tanggal lahir, nomor telepon, hingga alamat tinggal adalah hal terlarang di media sosial. Termasuk menyimpan foto pribadi di media sosial juga tidak disarankan.

4. Password yang Sama untuk Semua Akun

Jangan berkompromi dengan kekuatan password! Kebiasaan Ini memancing hacker – Menggunakan password yang sama untuk berbagi akun milikmu di internet bisa memunculkan kemungkinan diretas hacker jahat.

Dengan password yang sama untuk setiap akunmu, maka akan memudahkan hacker mencuri semua datamu di intenet. Bayangkan jika satu akun kena hack, maka semua akun yang menggunakan password sama ini pun akan ikutan kena hack.

Baca Juga : Tips melindungi Akun Penting Kamu

5. Asal Menyetujui Privacy Policy

Karena males baca poin per poin yang muncul di bagian Privacy Policy atau License Term, bukan tidak mungkin jika kamu asal scroll ke bawah dan langsung klik tombol Accept. Ngaku deh!

Padahal, membaca informasi yang ada di halaman Privacy Policy sangat penting. Kalau misalnya ternyata isi kebijakan itu adalah sebuah kesepakatan untuk berbagi data pribadi kamu ke orang lain gimana? Repot kan?

6. Menyebarkan Berita Hoax

Hati-hati dengan Kebiasaan ini, jangan main-main dengan berita palsu atau hoax. Selain bisa mengudang tendensi tidak menyenangkan dari hacker, penyebar informasi hoax sekarang bisa terancam penjara loh!

Jika kamu masih sering melakukan 6 hal tadi di internet, hati-hati dengan kebiasaan ini, sebaiknya kurang-kurangin deh. Pasalnya jika internet tidak digunakan dengan bijak, yang ada malah bisa jadi bumerang berbahaya bagi dirimu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp
1

Main Menu