Manfaat Penyimpanan Cloud Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Penyimpanan Cloud Dalam kehidupan Sehari-hari

Manfaat Penyimpanan Cloud Dalam Kehidupan

Manfaat Penyimpanan Cloud Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Penyimpanan Cloud Dalam Kehidupan Sehari-hari – Saat ini penggunaan penyimpanan data di cloud storage sedang marak-maraknya menjadi kampanye utama dari beberapa perusahaan teknologi. Microsoft dengan SkyDrive, Google dengan GoogleDrive, dan Apple dengan iCloud.

Namun, sepertinya banyak orang belum menggunakan layanan cloud storage tersebut. Padahal, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaannya. Beberapa diantaranya adalah:

1) Kolaborasi

Berkolaborasi di sini diartikan sebagai bekerja secara bersama-sama, di lingkungan perkantoran, cloud storage dapat dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkolaborasi antar sesama karyawan dimana dpt memanfaatkan cloud storage untuk saling bertukar pikiran dan ide. Sehingga, pekerjaan yang dilakukan dapat lebih efektif dan cepat selesai.

2) Back-up Data Penting

Kita seringkali menyimpan data-data penting kita di dalam pc, laptop, harddisk eksternal, maupun gadget lainnya. Namun pernahkah terpikir dalam benak Anda, bagaimana jika data tersebut hilang? Alat elektronik sangatlah rentan terhadap kerusakan. Belum lagi ancaman virus yang dapat merusak ataupun menghilangkan data kita. Dengan mengunggah data-data penting kita ke layanan cloud storage, kita tidak perlu khawatir lagi kehilangan data-data penting yang kita miliki. Sangat berguna bagi para eksekutif kantoran, mahasiswa (bahan-bahan skripsi hilang adalah kasus yang paling sering terjadi), maupun pelajar.

3) Alat Berbagi

Layanan cloud storage dapat kita gunakan untuk membagi file yang kita punya kepada orang lain. Fungsi yang sering kita temui di layanan file sharing seperti Mediafire maupun 4shared ini juga dapat dijumpai di cloud storage. Kelebihan nya lagi, cloud storage memiliki fungsi auto-synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing sehingga kita tidak perlu repot-repot menggunggah file yang akan disebarkan.

Demikian artikel dari Sodagar Komputer kali ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp
1

Main Menu