Beranda » Artikel Blog » Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir

Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir

Diposting pada 13 November 2017 oleh sodagarkomputer | Dilihat: 5.225 kali | Kategori:
Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir

Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir

Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir – Musim hujan dengan intensitas tinggi sedang melanda Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Ini menyebabkan banjir di banyak tempat perumahan, perkantoran bahkan sentra belanja atau pertokoan. Belakangan ini banyak pengguna laptop yang secara tidak sengaja laptopnya terkena air hujan atau banjir.

Kasus sering terjadi saat secara tidak sengaja ternyata air merembes dari celah-celah tas yang terkena hujan, meletakan laptop di rumah atau kantor tepat dibawah flafon yang mengalami bocor atau rembesan saat hujan atau pengguna yang lupa meletakan laptopnya dilantai rumah dan ternyata saat bangun pagi banjir sudah masuk kedalam rumah dan menggenangi lantai dan laptop yang ada dibawah.

Lalu pertanyaanya, bagaimana pertolongan pertama saat laptop terkena air..?

Jika laptop atau netbook anda terkena air,

  1. segera secara langsung dan cepat cabut koneksi charger atau adaptor yang melekat pada laptop anda. Copot atau lepaskan Battery Pack yang terpasang. Pastikan semua sumber listrik atau daya telah terlepas dari laptop atau netbook anda. Kebanyakan pengguna laptop langsung mencari hairdryer untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam laptop. Sebenarnya hal ini kurang tepat apalagi jika air terlanjur masuk ke dalam celah casing dan mengenai bagian dalam dari mainboard laptop.
  2. Apabila anda mengerti sedikit dalam hal bongkar pasang casing barang barang elektronik, segeralah bongkar casing laptop anda. Pada prinsip dasarnya semua sama, untuk melepas casing pastikan semua baut sudah anda lepas, gunakan ukuran obeng sesuai dengan baut yang ingin dilepas agar tidak merusak baut dan lubang casing tempat baut tersebut. Keluarkan mainboard dari dalam casing, o iya pada mainboard biasanya terpasang battery cmos, segera lepas battery cmos tersebut.
  3. Lepas processor dan memori dari soketnya. Air apalagi air hujan ternyata cepat sekali menyebabkan korosi pada komponen dan bagian bagian mainboard, hanya dalam hitungan 24 jam saja, air hujan yng mengenai bagian dalam mainboard sudah membuat komponen dan jalur elektronik menjadi korosi/ karat. Setelah cmos battery dilepas, anda sekarang bisa mulai melakukan pembilasan pada bagian bagian mainboard yang terkena air hujan dengan menggunakan kuas halus dan thinner.
  4. Gunakan thinner secukupnya , kuas bagian bagian socket dan komponen elektronik yang terkena air hujan atau yang sudah mulai mengalami korosi secara perlahan. O iya, jauhkan casing laptop dari cairan thinner karena thinner mudah sekali merusak casing. Setelah membersihkan bagian bagian yang terkena air, barulah anda bisa menggunakan hairdryer untuk mengeringkan sisa sisa thinner yang tertinggal.
  5. Perlu di perhatikan, biasanya sisa sisa thinner akan terselip di sela sela kaki kaki socket ataupun komponen elektronik. Gunakan kompressor atau cukup dengan meniup denga keras menggunakan mulut bagian bagaian mainboard yang anda curigai ada sisa sisa thinner. Intinya pastikan mainboard sudah dalam kondisi kering. Rakit kembali laptop anda seperti sedia kala, cobalah hidupkan laptop dengan hanya menggunakan charger saja.
  6. Jika ternyata laptop bisa menyala kembali dengan normal, barulah pasang battery pack. Jika ternyata laptop tidak bisa di nyalakan, berarti sudah terjadi sort circuit/ korslet / kerusakan pada komponen yang terkena air.
  7. Andai hal ini yang terjadi, terpaksa anda harus membawa laptop anda ke tempat Service yang anda pilih dan bisa dipercaya.

Semoga sedikit info ini bisa membantu anda, jika anda kesulitan melakukan semua hal yang saya tulis diatas, cukuplah pastikan anda melepaskan charger dan battery pack dari laptop, segera bawa laptop ke tempat service untuk di bongkar, dibersihkan dan di check apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Jangan sekali-sekali Anda mencoba menyalakan laptop anda yang terkena air dengan hanya mengeringkannya menggunakan hairdryer tanpa membongkar casing dan melepaskan mainboard. Karena dapat dipastikan bahwa air yang berada didalam laptop akan semakin memperparah kerusakan saat Anda menyalakan laptop.

Demikian artikel tentang “Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir” dari Sodagar Komputer, semoga bermanfaat.

Jika Anda bingung atau ragu, silahkan datang ke outlet SODAGAR KOMPUTER disini https://www.sodagarkomputer.com/kontak-kami

Bagikan

Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir | SodagarKomputer.Com

Komentar (18)
  • puja

    laptop saya mati total karena kemasukan air rembesan hujan di kamar kos… 1 minggu saya diemin aja dan sekarang ga bisa hidup.
    gimana solusi nya min ūüôŹ

    Balas
    • sodagarkomputer Admin

      kalau kondisi nya seperti ini harus di cek terlebih dahulu

      silahkan di bawa ke outlet sodagar komputer untuk pengecekan

      Balas
  • SHADALLI

    Laptop saya barusan kena air karena kebanjiran. Pas itu situasinya laptop saya lagi nyala. Dan karena kejadian itu langsung saya bawa te servis center. Apakah kemungkinan besar laptop saya masih bisa digunakan lagi ya?

    Balas
    • sodagarkomputer Admin

      Selamat siang

      kalau kondisi seperti ini harus di cek terlebih dahulu silahkan di bawa laptop nya ke outlet sodagar komputer terdekat untuk pengecekan

      Balas
  • Febri

    Kak kemarin laptoo saya kerendam banjir kak dan saya diemin gitu aja laptop nya .
    Ke mungkinan masih bisa di pake ga laptop nya kak ?

    Balas
    • sodagarkomputer Admin

      Kalau laptop kena air harus di cek dulu

      Silahkan di bawa laptop nya ke outlet sodagar komputer untuk pengecekan

      Balas
    • muhabdazielhaq

      Jangan, kalo sudah terendam banjir lebih baik untuk dibuang atau diganti laptop baru. dikarenakan pas kita charger laptopnya yang sudah lama di diamkan selama 2 Minggu untuk dikeringkan karena banjir, nanti laptopnya bakal mengeluarkan api, saya sendiri sudah mengalaminya kemarin, padahal saya sudah bongkar pasang laptopnya tapi pas di coba charger laptopnya malah mengeluarkan api pada bagian bawahnya.

      Balas
  • Zuhra

    Assalamualaikum kak.
    Tadi laptop saya tumpah air di keyboard nya.. 2 jam setengah dikeringanginkan laptopnya hidup. Tapi saat baterai lowbath, pas colokin charger baterainya mati naik mati naik gitu. Bagaimana kalau gitu kak?

    Balas
  • Alda

    Ka saya laptop-nya ketimpangan air, cuma saya kira pas saya bersihin pake tisu udh ga masalah lagi dan laptop nya pun ga mati masih bisa hidup, nah keesokan nya saya hidupin lagi laptopnya masih bisa, pas saya matiin saya mau buka lagi siang udh mati total, langsung saya bawa ke service kira2 bisa bener ga ya ka? Soalnya aku gatau klo bermasalah banget klo ketimpangan air dan harus segera dibuka, aku juga ga ngerti soalnya buak laptop. Mohon bantuannya ka jawab saya takut udh gabisa bener lagi nnti saya dimarahin.

    Balas
    • sodagarkomputer Admin

      Selamat siang

      Bila kondisi mati total harus dicej dulu kemungkinan ada masalah di mainboard untuk pengecekan laptop nya harus di tinggal

      silahkan di bawa laptop nya ke outlet sodagar komputer terdekat

      terima kasih

      Balas
    • sodagarkomputer Admin

      Selamat pagi

      di keringkan bagian dalam nya dengan dengan menggunakan kipas angin atau di jemur setelah kering coba di nyalakan

      Balas
    • Fety fajriati

      Gimana dengan leptop jenis acer yang kenar air hujan di malam hari karna sy tdr jadi hmgak tahu karna plafon bocor kemudian larur malam nya sy lihat kemudian sy pindahin ke tempat lain dan didiemin kemudian siangnya sy coba charger dan hidupkan tapi gak nyala nyala dan cuman hidup powernya bentar terus langsung mati dan setiap dicharger powernya nyala tapi langsung mati lagi…

      Balas
      • sodagarkomputer Admin

        Selamat siang

        Bila laptop terkena air baiknya di keringkan terlebih dahulu jangan langsung dinyalakan

        bila di hidupkan langsung mati atau drop kemungkinan ada masalah pada mainboard nya

        Balas
    • Hawa puluhulawa

      Assalam’alaikum

      Selamat pgi ka

      Gimana caranya laptop acer yang tidak sengaja tertuangkan air saya udah keringkan mnggunakan tissu,udah di kipas mnggunakan buku tapi pas saya nyalain powernya hidup tapi mati ulang

      Mohon bantuaannya ka…

      Balas
      • sodagarkomputer Admin

        selamat pagi

        Bila sudah di coba keringkan kondisi laptop nya hidup tapi mati ulang perlu di cek lagi

        coba di bawa laptop nya ke sodagar komputer untuk pengecekan

        Balas

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Hubungi Kami :

Telepon   : (021) 29622646 Рjam kerja

SMS/WA  : 089666081897

Email¬† ¬† ¬† : [email protected]

 

Untuk alamat dan kontak seluruh outlet kami silahkan dilihat disini.

Sodagar Komputer

Sodagar Komputer adalah toko yang menjual laptop, komputer, printer, projector, aksesoris, sparepart, hardware dan alat tulis kantor (ATK) serta menyediakan jasa service perbaikannya untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Kami juga telah dipercaya menjadi perwakilan Service Center beberapa brand laptop terkenal yang ada di Indonesia seperti Lenovo, HP, Asus, Acer dan Axioo disamping juga menangani service laptop brand lainnya seperti Dell, Samsung, Toshiba, Apple Macbook, Fujitsu, dll.

Chat via Whatsapp
Admin
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja