Beranda » Artikel Blog » Tips Menghilangkan Malware Tanpa Anti Virus di Android

Tips Menghilangkan Malware Tanpa Anti Virus di Android

Diposting pada 27 October 2017 oleh sodagarkomputer | Dilihat: 683 kali | Kategori:
Tips Menghilangkan Malware Tanpa Anti Virus di Android

Tips Menghilangkan Malware Tanpa Anti Virus di Android

Tips Menghilangkan Malware Tanpa Anti Virus di Android – Memiliki perangkat Android yang terjangkit malware memang mengesalkan. Apalagi malware ini menyebabkan perangkat Android Anda jadi sangat lambat dan mengganggu aktivitas mobile Anda.

Malware di desain untuk bekerja di backgorund dan terus aktif sepanjang hari maka dia akan mengkonsumsi baterai dalam jumlah yang besar. Lebih parahnya, malware bisa menghabiskan baterai Anda dalam sekejap saja.

Banyak cara yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah membayar salah satu anti virus untuk menghapus malware tersebut. Namun, ada cara lain yang bisa Anda gunakan tanpa harus membayar dan dengan mudah bisa Anda coba.

1. Masuk ke Safe Mode

Masuk ke Safe Mode akan memungkinkan Android kamu untuk beroperasi lebih ringan karena hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa sistem. Saat berada di Safe Mode, semua aplikasi yang kamu instal akan hilang.

Tapi tenang, aplikasi tersebut bukan hilang selamanya, hanya sementara saat berada di Safe Mode saja. Jadi, saat di Safe Mode kamu bisa leluasa berpindah antar sistem aplikasi tanpa kendala, memudahkan kamu juga untuk mengecek atau membersihkan file-file tidak penting.

Cara masuk ke Safe Mode tiap perangkat Android berbeda-beda. Namun, rata-rata adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume saat proses booting. Jika masih bingung, silakan Googling dengan keyword “Safe Mode (tipe Android)”.

2. Cek Apps di safe mode

Saat berada dalam Safe Mode, silakan cek aplikasi yang terinstal. Caranya masuk ke Settings – Apps, lalu pilih tab Downloaded. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di Safe Mode, tapi karena virus termasuk dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. Jika Android kamu terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kamu instal di Android kamu.

3. Hapus Aplikasi mencurigakan

Jika kamu menemukan aplikasi mencurigakan tersebut, kamu klik aplikasi tersebut dan pilih Uninstall. Pada satu kasus, kamu mungkin menemukan aplikasi asing tersebut tidak dapat di-uninstall, karena aplikasi itu telah memberikan akses administrator.

4. Hapus akses administrator Aplikasi asing

Saat menemukan aplikasi asing yang memberikan akses administrator pada dirinya sendiri, tugas kamu adalah menghapus akses administratornya. Caranya, keluar dari Application Settings, lalu masuk ke Settings – Security – Device Administrator. Hilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut. Selanjutnya, kembali ke Application Settings dan periksa aplikasi mencurigakan tadi, harusnya sekarang kamu sudah bisa menghapusnya.

5. Keluar safe mode

Setelah proses penghapusan aplikasi mencurigakan selesai, selanjutnya kamu tinggal keluar dari Safe Mode. Caranya dengan melakukan proses Restart seperti biasa.

Nah, mudah bukan cara menghilangkang virus di Android kamu? Tanpa Antivirus pun kamu bisa menghilangkan virus yang memperlambat kinerja Android kamu. Jaka sarankan untuk selalu membuat back up dari data dan aplikasi yang kamu rasa penting setelah proses pemeriksaan dan penghapusan virus untuk berjaga-jaga.

Demikianlah “Tips menghilangkan malware tanpa anti virus di android” yang dapat kami sampaikan. Nantikan artikel menarik dan bermanfaat lainnya dari Sodagar Komputer.

Bagikan

Tips Menghilangkan Malware Tanpa Anti Virus di Android | SodagarKomputer.Com

Komentar (0)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Anda Mungkin Suka

Hubungi Kami :

Telepon   : (021) 29622646 – jam kerja

SMS/WA  : 089666081897

Email      : [email protected]

 

Untuk alamat dan kontak seluruh outlet kami silahkan dilihat disini.

Sodagar Komputer

Sodagar Komputer adalah toko yang menjual laptop, komputer, printer, projector, aksesoris, sparepart, hardware dan alat tulis kantor (ATK) serta menyediakan jasa service perbaikannya untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Kami juga telah dipercaya menjadi perwakilan Service Center beberapa brand laptop terkenal yang ada di Indonesia seperti Lenovo, HP, Asus, Acer dan Axioo disamping juga menangani service laptop brand lainnya seperti Dell, Samsung, Toshiba, Apple Macbook, Fujitsu, dll.

Chat via Whatsapp
Admin
⚫ Online
Halo, perkenalkan saya Admin
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja