Tips Perawatan Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Tips Perawatan Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Tips Perawatan Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

 

Siapa yang nggak senang kalau punya laptop baru, tapi bukan berarti kamu tidak merawatnya seperti juga laptop yang sudah lama.

Semakin awal kamu merawat laptop dari sejak baru dibeli, laptop dapat menemanimu dalam waktu jangka lama dengan kondisi prima.

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat laptop baru.

Pertama bersihkan laptopmu

Tips perawatan laptop yang pertama adalah Kebersihan laptop sering banget dillupain, tidak sedikit laptop rusak hanya karena masalah kotor, apalagi dibagian kipas pendinginnya. Debu-debu yang menempel di laptop kamu bisa bikin kinerja laptopmu jadi lambat dan jadi panas. Bagian layar, keyboard, baterai, port usb dan teman-temannya serta lubang sirkulasi udara harus sering dibersihkan ya. Jika kamu mahir bongkar pasang laptop, bersihkan juga bagian dalam laptopnya ya, atau kalau bingung kamu bisa datang ke Sodagar Komputer untuk penanganan pembersihan laptopmu. Selain servis Sodagar Komputer juga melayani penjualan laptop, komputer, printer dan aksesorisnya loh

Kedua, gunakan laptop di permukaan yang datar

Menggunakan laptop di atas kasur ataupun selimut bisa bikin laptopmu cepat panas loh, kok bisa? Ya bisa, karena dipermukaan yang lembut sirkulasi udara pada laptop biasanya tertutup mengakibatkan udara panas dalam laptop tidak keluar itu sebabnya laptopmu jadi lebih cepat panas. Baiknya gunakan laptop di atas meja atau di permukaan datar yang lain, jika masih ingin menggunakan laptop di atas kasur, baiknya ditambahkan cooling pad atau meja portable.

Ketiga jangan menggunakan laptop terlalu lama

Daya tahan komputer umumnya lebih baik daripada laptop, maka dari itu penggunaan laptop terus menerus apalagi sampai 24 jam non stop tidak disarankan. Laptop yang digunakan terlalu lama bisa menyebabkan overheating (panas berlebih).

Keempat, jangan terlalu sering menggunakan laptop untuk main game berat

Beberapa laptop memang didesain untuk dapat memainkan game berat yang pasti didukung dengan spesifikasi yang mumpuni, namun tidak sedikit pula user yang tetap mencoba memainkan game berat pada laptop yang sebenarnya tidak didesain untuk gaming. Bermain game terlalu sering pada laptop bisa menyebabkan komponen pada laptop lebih cepat rusak, apalagi untuk laptop yang tidak didesain untuk bermain game tersebut. Contoh game berat semilsal GTA V, COD, The Witcher, PES 2019 dan lain-lain. Kerusakan yang sering terjadi umumnya ada dibagian baterai bocor dan keyboard.

Kelima jangan buru-buru menutup laptop setelah dipakai

Penggunaan laptop yang terlalu lama pasti membuat semua bagian laptop jadi panas, maka dari itu disaranakan untuk mendinginkan atau membiarkan laptop tersebut sampai panasnya hilang sebelum menutup layar laptop, kondisi panas pada keyboard akan mengakibatkan permukaan layar jadi rusak jika laptop buru-buru ditutup.

Keenam, jangan terlau sering membiarkan laptop dalam kondisi tidur atau menyala saat dibawa-bawa

Kondisi storage atau harddisk pada laptop masih bekerja saat laptop dalam kondisi tidur, itulah kenapa laptop dalam kondisi tidur tidak disarankan untuk dipindah ataupun dibawa-bawa, kondisi tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada harddisk dan jika sudah rusak, data yang kamu punya bisa rusak atau hilang.

Nah itu dia beberapa tips bagaimana perawatan laptop agar awet dan tidak mudah rusak. Semoga membantu, terima kasih.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp
1

Main Menu