Beranda » Artikel Pilihan » Cara Mengetahui Komputer/Laptop yang Terkena Virus

Cara Mengetahui Komputer/Laptop yang Terkena Virus

Diposting pada 4 April 2019 oleh sodagarkomputer | Dilihat: 29 kali

Virus adalah aplikasi kecil yang mencemari file/program bahkan sistem windows pada komputer, laptop, notebook, atau netbook. Kebanyakan Virus mampu mentransfer dari satu komputer ke komputer lain, biasanya melalui flash disk, internet atau software bawaan.

Virus diketahui seperti parasit dapat menyusup, menyebarkan dan merusak sistem komputer atau laptop. Komputer yang terkena atau terinfeksi virus kinerjanya mulai melambat sampai akhirnya seluruh sistem crash atau rusak, bahkan sampai tidak berfungsi.

Dalam kesempatan ini, saya kami akan membahas bagaimana cara mengetahui komputer atau laptop terkena virus atau tidak ?.
Untuk mengetahui terkena virusnya komputer atau laptop dapat dilakukan dengan mudah, akan tetapi banyak orang awam masih belum mengetahui hal ini. Caranya  adalah sebagai berikut:
  1. Membuka Registry Editor Microsoft Windows, dengan mengklik Start, jika menggunakan windows XP ketik “regedit” dalam Run, dan jika menggunakan windows7 langsung mengetik “regedit” dan tekan Enter. Nah… Jika kotak Registry Editor bisa terbuka, maka Sistem windows secara umum belum terkena virus, dan sebaliknya jika tidak tampil kotak Registry Editor, maka sistem windows sudah terkena virus.
  2. Membuka System Configuration, dengan mengklik Start, lalu ketik “msconfig” lalu tekan Enter. Jika tampil kotak System Configuration maka komputer belum sistem windows belum terinfeksi virus, Jika tidak tampil sistem windows terkena virus, dan jika meRestart sendiri maka komputer sistem windows terinfeksi virus.
  3. Membuka folder option dalam Windows Explorer, dengan memilih Organize lalu pilih folder and search option. Jika sampai tahap ini tidak bisa buka atau restart sendiri maka sistem operasi windows dan data sudah terkena virus. Dan jika folder and search bisa terbuka, lanjutkan dengan memilih menu view dan memilih atau menceklis shows hidden file, Hide empty drive, Hide extention dan Hide Protected, Dan Klik OK. Selanjutnya buka kembali foldel option lagi, dan Kita lihat apakah settingan tadi tetap atau berubah/kembali ke settingan awal ?. Dan Jika kembali kesettingan awal maka sistem operasi windows sudah terinfeksi virus.

Bagaimana mudah kan..?

Untuk mengatasi dan mencegah hal tersebut disarankan scanning menggunakan Antivirus. Meskipun tidak ada antivirus yang sempurna, tapi setidaknya dapat meningkatkan keamanan komputer.untuk lebih aman nya disarankan memformat atau install ulang Windows pada laptop atau PC Anda
Demikian beberapa cara mengetahui komputer/laptop yang terkena virus semoga bermanfaat
Terima kasih

Bagikan informasi tentang Cara Mengetahui Komputer/Laptop yang Terkena Virus kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Mengetahui Komputer/Laptop yang Terkena Virus | SodagarKomputer.Com

Belum ada komentar untuk Cara Mengetahui Komputer/Laptop yang Terkena Virus

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
Headset bluetooth Airwave

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 140.000
Habis / 400371201
Rp 140.000
Habis / 400371201
Tinta HP 920XL Yellow 

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

hp_hp-920xl-yellow-officejet-ink-cartridges_full02-min Rp 220.000
Pre Order / 400690171
Rp 220.000
Pre Order / 400690171
QUICK ORDER
LAN Card Single

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Lan Card Single Rp 60.000
Ready Stock / 400290502
Rp 60.000
Ready Stock / 400290502
SIDEBAR

Hubungi Kami :

Telepon : (021) 29622646 – jam kerja

SMS/WA : 089666081897

Email : cs@sodagarkomputer.com

 

LogoIG sodagar  

Sodagar Komputer

Toko online Sodagar Komputer adalah toko yang menjual laptop, komputer, printer, projector, aksesoris, sparepart, hardware dan alat tulis kantor (ATK) serta menyediakan jasa service perbaikannya untuk memenuhi kebutuhan Anda.