Charger Laptop Mudah Rusak? Mungkin Ini Penyebabnya

Charger Laptop Mudah Rusak? Mungkin Ini Penyebabnya

Charger Laptop Mudah Rusak? Mungkin Ini Penyebabnya

Charger Laptop Mudah Rusak? Tips Berikut Membuat Charger Laptop Kamu Lebih Awet

Charger Laptop Mudah Rusak? pengguna laptop belum mengetahui bagaimana tips agar charger laptop yang kita gunakan dapat bertahan lama tanpa ada problem dari komponen charger tersebut :

  1. Menggulung kabel yang sering salah, Cara menggulung kabel charger laptop yang benar adalah dari bawaan pabrik itu sendiri. Ketika pertama kali kita beli laptop, pasti kabel sudah tergulung dengan rapi. Biasanya juga dilengkapi dengan sarung charger. Sebaiknya setelah kamu pakai laptop, gulung kabel charger seperti semula dan tempatkan pada sarung chargernya. Hal ini untuk menghindari putusnya kabel laptop di dalam kabel itu sendiri.
  2. Jika charger tidak bekerja, periksa dulu apakah outlet / stop kontak hidup sebelum melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan begini, kamu akan menghemat waktu dan usahamu, dan juga menghindari tindakan perbaikan yang tidak penting.
  3. Jangan gunakan charger laptop model tertentu untuk perangkat lain. Bahkan jika tegangan outputnya sama, arusnya mungkin berbeda.
  4. Selalu pasang konektor output DC ke laptop dahulu sebelum memasang konektor input ke outlet. Ini meruapakan metode yang paling tepat.
  5. Pastikan charger laptopmu berada dalam tempat yang kering dengan suhu ruangan. Karena seperti peralatan elektronik lain, charger laptop juga dapat mengalami kerusakan akibat suhu tinggi.
  6. Jangan tinggalkan charger laptop tersambung ke laptop terus – menerus untuk waktu yang lama. Jika baterai penuh, perlahan lepaskan kabel dari laptop.
  7. Jangan goncang atau pukul charger. Penanganan yang kurang tepat dapat merusak bagian dalam charger.
  8. Jangan meletakkan charger di tempat yang rawan terjatuh, seperti di pinggir meja. Dan pastikan charger di tempat aman, jauh dari jangkauan anak – anak. Juga pastikan jangan sampai cahrger terjatuh untuk menghindari kerusakan.
  9. Jangan samapai ujung kabel charger bersentuhan dengan benda logam lain, karena dapat menyebabkan arus pendek. Laptopmu bisa rusak jika diisi ulang dengan charger yang terkena arus pendek.
  10. Jangan tempatkan charger laptop di tempat yang dingin seperti di dekat pendingin ruangan agar chargr tidak lembab.
  11. Jangan menarik kabel untuk melepaskan sambungan di stop kontak, karena kawat di dalamnya mungkin dapat terputus atau longgar.

So, Charger/Adaptor laptop mudah rusak? Silahkan dicoba dipraktekkan tip di atas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp
1

Main Menu