Laptop / Komputer Mati Total ! Harus Bagaimana ?

Laptop mati total

Laptop / komputer Mati Total! Harus Bagaimana? Laptop / komputer adalah salah satu alat dimana mungkin Anda terbiasa menggunakannya dalam aktifitas sehari-hari, entah dalam berkerja, kuliah dan sekolah.

Ada kalanya saat Anda hendak menggunakan laptop / komputer  untuk mengerjakan pekerjaan Anda, laptop/ komputer  tidak merespon atau mati total (matot). Pastinya kejadian ini membuat Anda panik dan bingung. Anda tidak mengetahui penyebab laptop mati total. Tapi tetaplah tenang, Anda tidak perlu panik dan bingung karenanya.

Karena ada banyak  hal yang membuat laptop / komputer mati total (matot). Dari masalah kecil hingga masalah yang memerlukan penanganan serius  yang mungkin bisa menguras dompet Anda.  Di artikel kali ini akan kami bahas beberapa penyebab laptop mati total (matot) yang  mungkin sedang Anda alami saat ini.

  1. Masalah Pada Baterai

Apakah anda menghidupkan laptop menggunakan baterai, ada kemungkinan baterainya telah kehabisan daya.  Cobalah hubungkan laptop anda dengan adaptor  listrik. Jika hal tersebut sudah Anda lakukan tapi laptop Anda tetap tidak bisa hidup juga, cobalah tunggu beberapa saat karena baterai yang kehabisan daya memerlukan waktu untuk mengisi kembali suply daya pada baterai. Setelah cukup daya yang dikumpulkan coba Anda nyalakan kembali laptop Anda.  Tapi jika setelah dinyalakan laptop Anda masih belum menyala juga coba lepas baterainya dan nyalakan kembali laptop Anda. Jika belum menyala juga mungkin ada permasalahan lain.

Baca juga : Jasa service laptop jakarta

  1. Masalah Pada Adaptor

Jika kabel adaptor mengalirkan listrik, periksa komponen adaptor, cek input dan outputnya. Jika tegangan pada input masuk dan tegangan pada output tidak masuk, maka bisa di pastikan kerusakan pada komponen adaptor. Dan Anda bisa gunakan adaptor lain yang sesuai dayanya untuk menghidupkan laptop. Namun jika adaptor dan kabelnya sudah diganti tapi laptop tetap tidak bisa hidup juga berarti ada masalah lain.

  1. Masalah Pada Komponen Power

Jika lampu indikator tidak hidup sedangkan adaptor nya baik baik saja, maka coba periksa socket DC pada laptop karena socket yang rusak bisa menyebabkan listrik tidak mengalir dengan baik dan benar  pada komponen laptop, sehigga laptop tidak akan menyala dan batray pun tidak bisa terisi, kadang kadang socket bisa menjadi longgar, Anda bisa mencoba melepas dan memasangnya kembali jack adaptor untuk memastikannya. Lonjakan tegangan listrik yang sering terjadi juga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen power.

Untuk mengetahui penyebab laptop mati total ini dan mengatasi masalahnya, Anda harus membawanya ke tempat service laptop yang berpengalaman dan ahli dalam hal ini.

  1. Masalah Pada RAM

Apabila lampu indikator hidup, kipas menyala, dan mesin berjalan dengan baik tapi pada layar laptop  tidak menampilkan apapun, kemungkinan besar, kerusakan nya pada RAM. Dan coba lepaskan RAM kemudian bersihkan pin-nya dengan menggunakan penghapus pensil, lalu pasang kembali. Pasang ke socket yang berbeda jika tersedia dua socket RAM pada mainboard laptop. Pastikan RAM terpasang dengan baik dan benar, jika  laptop masih juga belum menampilkan layar blank, bisa jadi kerukasakan pada RAM.

  1. Masalah Pada Processor

Processor adalah komponen inti atau otak dari laptop / komputer apabila rusak atau bermasalah maka seluruh system tidak akan berjalan dengan baik. Bersihkan fan processor dari debu serta pembuangan angin pada laptop, dan coba buka processor. Jika pasta pada processor sudah tidak layak maka harus bersihkan pasta yang masih menempel dan ganti dengan yang baru, dan pasang kembali tentunya pasang dengan baik dan benar. Hati-hati saat memasangnya, pastikan jarum pin processor cocok dengan tempatnya. Jangan sampai  jarumnya bengkok apalagi terpotong, jika masih belum juga ada perubahan, gunakan processor lain untuk memastikannya.

  1. Masalah Pada Mainboard

Jika seluruh komponen laptop, Charger, RAM, Monitor, dan powernya dalam keadaan baik baik saja, ada kemungkinan mainboard laptop bermasalah. Atau bisa juga ada korsleting pada komponen yang menyebabkan mainboard bermasalah.

Anda tidak perlu bingung  untuk mencari tempat service yang berpengalaman dan profesional, silahkan kunjungi service center kami di SODAGAR KOMPUTER. Tempat service profesional, bergaransi dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp
1

Main Menu