Intel optane

Mengenal Intel Optane Memory

Intel Optane Adalah Adalah akselerator penggunaan data yang tersimpan di hardisk. Jika kamu menggunakan storage tipe HDD, menambah Intel® Optane™ bisa membuat komputernya secepat SSD yang harganya tinggi itu.

Intel Optane punya kemampuan membaca file hingga 1350 mb/s, sementara Harddisk , hanya sanggup sampai kecepatan 250 mb/s. Itulah mengapa Intel® Optane™ sangat membantu saat kita bekerja dengan file-file ukuran besar .

Teknologi: 

Optane menggabungkan teknologi 3D Xpoint yang lebih canggih, yang menawarkan kapasitas dan keluaran data lebih besar daripada arsitektur flash NAND tradisional. Selain itu, Optane juga menawarkan solusi percepatan yang lebih flesksibel untuk mendukung pengguna untuk meningkatkan kapasitas hard disk sambil mempertahakan kecepatan keseluruhan.Misalnkan untuk membuat file format tiff ukuran 1,3 Gb kamu hanya butuh waktu 4 detik jika menggunakan Intel® Optane™, sementara tanpanya butuh waktu 33 detik.

Kecepatan Baca-Tulis:

Kecepatan membaca: Kinerja Optane+HDD jauh melampaui SSD

Kecepatan Menulis: Optane membantu sedikit dalam meningkatkan kinerja kecepatan membaca, sedikit masuk akal dalam aspek ini

Harga  SSD jauh lebih mahal dari pada Optane+HDD, kita perlu menyiapkan beberapa kali anggaran Optane+HDD untuk membeli SSD. Optane memungkinkan untuk meningkatkan kinerja hard drive dengan harga terendah.

Sebagai sebuah perbandingan, jelas, ini adalah pilihan yang baik untuk memilih Optane jika pengguna harus menghemat anggaran. Namun, memori optane saat ini hanya dapat digunakan untuk mempercepat satu disk seperti disk sistem, oleh karena itu, banyak pengguna masih berfikir untuk menggunakan SSD dalam mempercepat sistemnya.

Haruskah menggunakan Intel Optane?

Dalam hal ini kita lihat dulu siapa saja sih sebenarnya yang memerlukan Intel Optane ini, apakah kalian termasuk?

1. Pengguna bisnis. Memori optane hanyalah penolong pengguna bisnis. Penyimpanan massal sangat penting untuk pengguna bisnis, tetapi biaya SSD terlalu tinggi. Memori Optane dapat mempercepat hard drive mekanis asli untuk efek SSD. Mempertimbangkan efek akhir, biaya dan kehandalan, Optane memory adalah pilihan terbaik.

2. Desainer dan gamer. Kedua kelompok orang ini memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk kapasitas dan kecepatan hard drive, terutama dalam hal kapasitas. Tetapi membutuhkan terlalu banyak uang untuk membeli SSD berkapasitas besar dibandingkan dengan membeli HDD dan memori Optane. Karena kombinasi Optane + HDD dapat sangat meningkatkan kelancaran sistem dan kecepatan pemuatan perangkat lunak, mereka adalah pendukung memori Optane.

3. Pengguna rumahan. Meskipun pengguna rumahan tidak begitu sensitif terhadap kapasitas, harga jual merupakan pertimbangan yang sangat penting dalam pembelian produk rumah tangga. Saat ini, harga SSD tinggi, dan meningkatkan kinerja disk dengan menginstal SSD terlalu mahal. Sebaliknya, mereka dapat menghabiskan sedikit untuk mendapatkan memori Optane untuk meningkatkan kinerja disk yang lebih cocok.

Persyaratan Menggunakan Memori Intel Optane
Jika salah satu dari ketiga poin ini tidak dapat dipenuhi, tidak mungkin menggunakan memori Optane:

  1. Motherboard harus berupa Intel 200 Series atau 300 Series, seperti B250, Z270, Z370, dll.
  2. Motherboard harus memiliki slot M.2. Harap dicatat bahwa meskipun Optane adalah sejenis memori, itu tidak dapat digunakan untuk mengganti RAM yang ada. Artinya, pengguna harus menambahkan memori Optane tambahan ini dengan hard drive asli dan memori komputer tetap utuh.
  3. Prosesor harus generasi ke-7 atau ke-8 dari Core i3, i5, i7. Tidak kompatibel untuk processor intel  Pentium, Celeron dan platform prosesor lainnya.

Sekian pembahasan mengenai mengenai Intel Optane semoga penjelasan singkat ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

Refrensi:

www.intel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp
1

Main Menu