Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Pilihan » Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir

Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir

Diposting pada 13 November 2017 oleh sodagarkomputer
Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir

Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir

Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir – Musim hujan dengan intensitas tinggi sedang melanda Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Ini menyebabkan banjir di banyak tempat perumahan, perkantoran bahkan sentra belanja atau pertokoan. Belakangan ini banyak pengguna laptop yang secara tidak sengaja laptopnya terkena air hujan atau banjir.

Kasus sering terjadi saat secara tidak sengaja ternyata air merembes dari celah-celah tas yang terkena hujan, meletakan laptop di rumah atau kantor tepat dibawah flafon yang mengalami bocor atau rembesan saat hujan atau pengguna yang lupa meletakan laptopnya dilantai rumah dan ternyata saat bangun pagi banjir sudah masuk kedalam rumah dan menggenangi lantai dan laptop yang ada dibawah.

Lalu pertanyaanya, bagaimana pertolongan pertama saat laptop terkena air..?

Jika laptop atau netbook anda terkena air,

  1. segera secara langsung dan cepat cabut koneksi charger atau adaptor yang melekat pada laptop anda. Copot atau lepaskan Battery Pack yang terpasang. Pastikan semua sumber listrik atau daya telah terlepas dari laptop atau netbook anda. Kebanyakan pengguna laptop langsung mencari hairdryer untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam laptop. Sebenarnya hal ini kurang tepat apalagi jika air terlanjur masuk ke dalam celah casing dan mengenai bagian dalam dari mainboard laptop.
  2. Apabila anda mengerti sedikit dalam hal bongkar pasang casing barang barang elektronik, segeralah bongkar casing laptop anda. Pada prinsip dasarnya semua sama, untuk melepas casing pastikan semua baut sudah anda lepas, gunakan ukuran obeng sesuai dengan baut yang ingin dilepas agar tidak merusak baut dan lubang casing tempat baut tersebut. Keluarkan mainboard dari dalam casing, o iya pada mainboard biasanya terpasang battery cmos, segera lepas battery cmos tersebut.
  3. Lepas processor dan memori dari soketnya. Air apalagi air hujan ternyata cepat sekali menyebabkan korosi pada komponen dan bagian bagian mainboard, hanya dalam hitungan 24 jam saja, air hujan yng mengenai bagian dalam mainboard sudah membuat komponen dan jalur elektronik menjadi korosi/ karat. Setelah cmos battery dilepas, anda sekarang bisa mulai melakukan pembilasan pada bagian bagian mainboard yang terkena air hujan dengan menggunakan kuas halus dan thinner.
  4. Gunakan thinner secukupnya , kuas bagian bagian socket dan komponen elektronik yang terkena air hujan atau yang sudah mulai mengalami korosi secara perlahan. O iya, jauhkan casing laptop dari cairan thinner karena thinner mudah sekali merusak casing. Setelah membersihkan bagian bagian yang terkena air, barulah anda bisa menggunakan hairdryer untuk mengeringkan sisa sisa thinner yang tertinggal.
  5. Perlu di perhatikan, biasanya sisa sisa thinner akan terselip di sela sela kaki kaki socket ataupun komponen elektronik. Gunakan kompressor atau cukup dengan meniup denga keras menggunakan mulut bagian bagaian mainboard yang anda curigai ada sisa sisa thinner. Intinya pastikan mainboard sudah dalam kondisi kering. Rakit kembali laptop anda seperti sedia kala, cobalah hidupkan laptop dengan hanya menggunakan charger saja.
  6. Jika ternyata laptop bisa menyala kembali dengan normal, barulah pasang battery pack. Jika ternyata laptop tidak bisa di nyalakan, berarti sudah terjadi sort circuit/ korslet / kerusakan pada komponen yang terkena air.
  7. Andai hal ini yang terjadi, terpaksa anda harus membawa laptop anda ke tempat Service yang anda pilih dan bisa dipercaya.

Semoga sedikit info ini bisa membantu anda, jika anda kesulitan melakukan semua hal yang saya tulis diatas, cukuplah pastikan anda melepaskan charger dan battery pack dari laptop, segera bawa laptop ke tempat service untuk di bongkar, dibersihkan dan di check apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Jangan sekali-sekali Anda mencoba menyalakan laptop anda yang terkena air dengan hanya mengeringkannya menggunakan hairdryer tanpa membongkar casing dan melepaskan mainboard. Karena dapat dipastikan bahwa air yang berada didalam laptop akan semakin memperparah kerusakan saat Anda menyalakan laptop.

Demikian artikel tentang “Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir” dari Sodagar Komputer, semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir kepada teman atau kerabat Anda.

Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir | SodagarKomputer.Com

Belum ada komentar untuk Pertolongan Pertama Untuk Laptop Yang Terkena Air atau Banjir

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 220.000
Ready Stock / 400250104
Rp 250.000
Ready Stock / 400370901
Logo sodagar komputer

SodagarKomputer.Com - Toko Laptop/Notebook, Komputer, Printer & Aksesoris Online Jakarta - Bekasi - Cikarang (Jual & Service)

Kontak Kami

Telephone: 021-29622646
SMS/WA : 089666081897
Email : cs@sodagarkomputer.com

Aplikasi Playstore

Apps playstore sodagar komputer
SodagarKomputer.Com - Belanja Mudah dengan menggunakan Aplikasi Playstore di Handphone mu, Kapan pun, dimanapun.
SIDEBAR