Tips Memilih Charger Handphone Yang Tepat

Tips Memilih Charger Handphone Yang Tepat

Tips Memilih Charger Handphone Yang Tepat

Tips Memilih Charger Handphone Yang Tepat

Tips Memilih Charger Handphone Yang Tepat – Handphone dan charger HP saat ini menjadi barang yang sering kita butuhkan. Bagaimana tidak? Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan produk smartphone tersebar luas di semua kalangan dan semua usia.

Karakteristik smartphone atau handphone cerdas yang mudah kehabisan daya menjadikan si pemilik smartphone harus selalu menyiapkan charger handphone untuk mengisi ulang daya.

Frekuensi penggunaan charger yang terlalu tinggi inilah yang menyebabkan charger akan cepat rusak dan kita harus memilih charger baru untuk tetap dapat menggunakan handphone kita.
Walaupun terkesan sepele, Anda tetap harus memerhatikan cara memilih charger smartphone.

Banyak kejadian smartphone menjadi rusak karena charging dengan menggunakan charger yang tidak sesuai, entah dari segi merek atau daya. Satu contoh kasus, charger original smartphone A rusak.

Kemudian digantikan dengan charger lain yang sama namun KW. Apakah proses charging akan berjalan normal? Ya, terkadang proses charging akan berjalan normal. Namun jangan salah, biasanya ponsel akan menjadi cepat panas ketika proses charging berjalan. Kemudian ponsel menjadi lebih cepat rusak.

Selain itu, ada juga kasus lain seperti menggunakan charger dengan merek lain. Hal ini juga sama saja seperti kasus pertama. Menggunakan charger lain dengan daya yang berbeda bisa menyebabkan ponsel menjadi lebih cepat rusak. Lalu bagaimana caranya agar bisa memilih charger smartphone dengan tepat?

Berikut Tips Memilih Charger Handphone Yang Tepat yang bisa Anda perhatikan.

1. Perhatikan besaran arus listrik pada charger
Sebelum memilih charger, sebaiknya perhatikan besaran arus listrik terhadap charger tersebut. Pilih yang sesuai dengan smartphone milik Anda. Besaran arus listrik ditentukan oleh pabrikan smartphone asal. Secara lazim, untuk baterai yang berkapasitas besar pada tablet atau smartphone modern, charger yang dibutuhkan pun harus memiliki arus yang besar.

2. Perhatikan tegangan pada charger
Selain arus listrik, Anda juga harus memerhatikan besar tegangan pada charger. Tegangan dengan satuan voltage (V) pada smartphone rata-rata 5V. Kecuali smartphone yang telah dilengkapi dengan kekuatan charging yang lebih, biasanya bisa lebih dari 5V. Sesuaikan dengan kebutuhan arus pada smartphone tersebut.

Saat ini hampir seluruh model charger pada setiap smartphone sama. Hampir semua smartphone menggunakan colokan yang bersifat universal. Sehingga, Anda tidak diperbolehkan asal mencolokkan charger brand lain ke smartphone milik Anda. Sebenarnya boleh-boleh saja, asal Anda memerhatikan dua poin penting yang telah dijelaskan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp
1

Main Menu