Sejarah Komputer Generasi Ketiga

Sejarah Komputer Generasi Ketiga

Sejarah Komputer Generasi Ketiga

Sejarah Komputer Generasi Ketiga, perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Meskipun transistor dalam banyak hal memiliki kemampuan yang melebihi tube vakum, tapi transistor terlalu besar dalam menghasilkan panas, yang berpotensi bisa merusak bagian-bagian dalam komputer.

Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ) untuk menghilangkan masalah. Seorang insinyur di Texas Instrument, bernama Jack Kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC dapat mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon yang kecil terbuat dari pasir kuarsa. kemudian para ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang dinamakan semikonduktor.

Sehingga menghasilkan sebuah komputer yang semakin kecil karena komponen yang ada di dalamnya dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga yang lain adalah penggunaan sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya operating system, yaitu suatu sistem yang memungkinkan mesin dapat menjalankan berbagai program yang berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang mengawasi atau memonitor dan mengkoordinasi memori mesin komputer.

Related Posts:

tombol windows

Jangan Sangka Tombol Windows itu Tidak Bisa apa-apa, Coba Kalian Pelajari dibawah ini !!

Jangan Sangka Tombol Windows itu Tidak Bisa apa-apa, Coba Kalian...

Warna Hardisk WD

Warna Hardisk WD Punya Performa Khusus

Warna Hardisk WD Memiliki Manfaatnya Tersendiri Warna Hardisk WD Mempunyai...

laptop hp

Jasa Service Laptop HP Compaq di Jakarta, Bekasi, Tambun, Cibitung & Cikarang

Laptop HP Compaq anda rusak karena : – Hang, kena...