Tips Cara Membersihkan Virus Shortcut di Komputer dan Flashdisk

Tips Cara Membersihkan Virus Shortcut di Komputer dan Flashdisk

Tips Cara Membersihkan Virus Shortcut di Komputer dan Flashdisk

Tips Cara Membersihkan Virus Shortcut di Komputer dan Flashdisk dan mencegahnya agar tidak kembali lagi. Sebenarnya cara menghapus virus shortcut ini tidaklah susah. Bahkan bisa dibilang untuk menghilangkan virus yang mampu menginfeksi flasdisk secara cepat ini tidak diperlukan keahlian khusus.

Virus Shorcut adalah salah satu virus paling sukses di tahun 2011 yang mampu menginfeksi jutaan komputer, karna virus ini dapat menginfeksi file berformat DLL dan EXE yang merupakan program atau berupa file system pada windows. Virus ini paling sering menginfeksi komputer maupun laptop berwindows xp, tapi terkadang juga mampu menginfeksi komputer windows 7 juga tapi hal ini jarang terjadi.

Nah, biar tidak bingung dan panik pada saat terserang virus shortcut ini sobat bisa menampilkan file yang disembunyikan oleh virus ini dengan sangat mudah. Silahkan coba tehnik berikut ini.

Cara menampilkan file yang disembunyikan oleh virus shortcut dan menghilangkan dari komputer

cara menampilkan file yg terhidden karena viruscara menghilangkan virus shortcutSebelum membahas cara menghapus virus shortcut, mari saya beritahu 5 ciri-ciri dari virus shortcut itu sendiri diantaranya adalah:

  1. Setelah menginfeksi komputer anda, dia akan membuat file induk dengan nama database.mdb yang berada di folder MyDocuments.
  2. Virus ini akan membuat file autorun.inf pada setiap drive dan folder anda. dan biasanya menginfeksi komputer dari sebuah flashdisk.
  3. Virus ini akan membuat file thumb.db (note: untuk thumbs.db pada drive atau folder anda merupakan file cache dari komputer anda yang asli. Jika thumb.db merupakan database dari virus. hati-hati dengan perbedaan nama yang akan mengelabuhi anda.)
  4. Untuk menjebak korban, virus ini akan membuat file microsoft.ink dan extensi.ink disetiap folder drive. Jika anda mencoba untuk meng-klik file tersebut maka langsung akan mengaktifkan virus tersebut.
  5. Periksa Task Manager anda apakah ada file wscript.exe yang berjalan di system anda, jika ada matikan saja, karena dalam keadaan normal tidak ada file wscript.exe.

Nah ini Cara menghilangkan virus dari Komputer / Laptop Kamu :

  1.  Gunakan antivirus. Fungsi dari antivirus ini adalah selain untuk menghapus file yang terinfeksi oleh virus lain, juga sebagai penangkal seandainya ada virus lain dari flashdisk lain. Saran saya gunakan antivirus yang cukup baik. Bukan antivirus abal – abal. Saya sarankan agar sobat menggunakan antivirus avast. Ada versi free-nya, silahkan download dulu jika memang sobat belum punya.
  2. Lakukan proses scanning. Lakukan proses scanning menyeluruh, baik itu pada drive c, drive d, ataupun pada flashdisk yang terinfeksi. Akan lebih baik jika sobat melakukan full scanning. Tungu beberapa saat sampai proses scanning oleh antivirus te;ah selesai. Selanjutnya akan ada laporan tentang beberapa virus yang ditemukan. Dalam hal ini silahkan hapus semua virus yang ada. Sekali lagi, tenang saja. File sobat tidak akan hilang. Karna virus shortcut ini tidak menginfeksi file melainkan hanya menyembunyikan filenya saja.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengatasi virus shortcut ini (tergantung sejauh mana virus ini menyebar), Hanya saja, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan Scanning virus. Sekarang saya ingin membagikan tips cara menghilangkan virus shortcut di Flashdisk.

cara menghapus virus shortcut dengan cmd

  1. Buka Run dengan klik star>allprogram>accessoris>pilih RUN atau bisa juga menggunakan kombinasi keyboard WINDOWS + R seperti gambar di bawah ini.cara menghilangkan virus shortcut
  2. Ketikkan cmd lalau enter, seperti gambar dibawah ini.  Ketikkan cmd lalau enter
  3. Selanjutnya anda harus Masuk pada drive Flashdisk atau komputer yang terinfeksi virus shortcut misalnya kita terinfeksi pada drive E dengan cara ketik E: lalu enter. cara-menghapus-virus-shortcut-di-windows-71 v3
  4. Selanjutnya anda ketikkan attrib -s -r -h /s /d lalu anda tekan enter. cara-menghapus-virus-shortcut-di-windows-72 v4
  5. Jika anda sudah melakukan langkah-langkah diatas maka file/folder asli anda akan terlihat dan silakan hapus folder yang masih shortcut maka akan terhapus secara permanen.

Dengan cara menghapus virus shortcut secara manual maka file yang terhidden oleh virus Shortcut akan muncul kembali dan dengan cara tersebut maka anda bisa mendelete folder Shortcut melalui Command Prompt.

Tujuan saya sebenarnya adalah untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi virus shortcut ini. Banyak yang panik ketika flashdisk teman – teman saya terkena virus ini dan akhirnya karna kepanikan tersebut, flashdisknya di format ulang. Nah, sayang sekali kan? padahal tanpa di format filenya masih bisa diselamatkan. Itu dia alasannya kenapa saya membuat artikel ini.

Saya ucapkan terimakasih telah bersedia untuk membaca artikel ini sampai selesai. Silahkan di share, siapa tau ada teman – teman sobat yang memiliki masalah dengan virus shortcut ini.

Related Posts:

Memelihara laptop

5 Hal Penting Yang Harus Diketahui Pemilik Laptop

Hal Penting Yang Harus di Lakukan Untuk Memelihara Laptop Memelihara...

intel haswell

Apa Itu Intel Haswell dan Apa Kelebihannya di Banding Pendahulunya Yakni Intel Ivy Bridge

Intel haswell dan kelebihannya di banding pendahulunya yakni intel ivy...

Perbandingan Windows 8 dengan Windows 10

Perbandingan Windows 8 dengan Windows 10

Perbandingan Windows 8 dengan Windows 10 Membandingkan Microsoft Windows 8...