Sodagar Komputer toko laptop komputer
Kabel UTP dan Fungsinya dari Segi Kategori

Kabel UTP Dan Fungsinya Dari Segi Kategori

Kabel UTP dan Fungsinya dari Segi Kategori

Kabel UTP dan Fungsinya dari Segi Kategori – Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik & terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik. UTP sendiri terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit dimana masing-masing pasang mempunyai kode warna berbeda.  Jenis kabel ini dapat dipakai untuk membuat jaringan komputer, berupa kabel yang pada bagian dalamnya berisikan 4 pasang kabel. Kabel Twisted Pair Cable ini terbagi kedalam 2 jenis diantaranya, Shielded dan Unshielded. Shielded adalah jenis dari kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan unshielded adalah jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini memakai konektor RJ-45 atau RJ-11.

Berikut ini fungsi dari kabel UTP

Fungsi kabel UTP yaitu dapat digunakan sebagai kabel untuk jaringan Local Area Network (LAN) pada sistem network/jaringan komputer, dan umumnya kabel UTP memiliki impedansi kurang lebih 100 ohm, dan juga dibagi menjadi kedalam beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

Kabel UTP Menurut Kategorinya

Kabel UTP mempunyai beberapa jenis Kategori apakah kalian tau? Memang sekilas tidak ada perbedaan yang menonjol dari bentuk fisiknya, Berikut sedikit Ulasannya :

CAT 1 – Category 1 [Cat1] adalah jenis kabel dengan kualitas transmisi yang terendah, didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja.
CAT 2 – Category 2 [Cat2] adalah jenis kabel yang memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Cat1, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara digital. Kabel ini bisa mentransmisikan data sampai 4 megabit/detik.
CAT 3 – Category 3 [Cat3] adalah kabel dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan YANGCategory 2, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik.
CAT 4 – Category 4 [Cat4] adalah jenis kabel dengan kualitas transmisi yang jauh lebih lebih baik jika dibandingkan dengan kabel Category 3 (Cat3) atau sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara sampai kecepatan 16 megabit/detik.

Nah Untuk Cat 1 sampai 4 merupakan cat yang kini sudah tidak di pakai lagi atau jarang sekali dikarenakan kecepetan trf data yang lambat. Untuk Sekarang Yang Paling Sering di Gunakan ialah Cat 5 dan Cat 6 apa sih Perbedaan nya? Berikut Ulasan dari Seorang Teknisi Sodagar :

” Kabel cat5/cat5e merupakan kabel yg populer digunakan, selain harganya terjangkau kabel utp tipe ini punya kemampuan transfer data atau speed maksimal sampai 350Mhz atau setara 1Gbit/s serta minimnya waktu delay respon ketika transfer data. Tapi jika yang dicari adalah kecepatan transfer data dan kemampuan delaynya yang bisa nyaris 0(nol). CAT6 lebih unggul dari cat5/cat5e dikarenakan maksimal lebar data bisa sampai 10Gbit/s dan sedikitnya noise atau gangguan sinyal saat melakukan transfer data, kekurangan dari kabel tipe ini adalah harganya sedikit lebih mahal serta komponen yg digunakan harus sudah support jenis kabel cat6. ” Ujar Risky ( Teknisi Sodagar Komputer Rawamangun).

So, Sudah paham kan mengenai Kabel UTP dan fungsinya dari segi kategori? Jadi ga bingung untuk memasang jaringan kabel di rumah kita atau ingin membuat jaringan di warnet pilihlah sesuai kebutuhan kalian. Jika ada yang ingin Bertanya silahkan Komentar di sini dan jangan lupa Like and Share nya Ya :) .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu