windows-10-vs-windows-8

Perbandingan Windows 8 Dengan Windows 10

Perbandingan Windows 8 dengan Windows 10

Perbandingan Windows 8 dengan Windows 10

Perbandingan windows 8 dengan windows 10 – Membandingkan Microsoft Windows 8 dengan Windows 10, di mulai dengan Windows 8 resmi diliris Microsoft Pada tanggal 26 Oktober 2012. Rilisnya Windows 8, disambut dengan hangat oleh pengembang aplikasi (developer) karena mereka meyakini membawa dampak baik dalam hal pengembangan produk maupun bisnis.

Saat ini Microsoft telah membuka toko aplikasi online di Windows 8 yang disebut dengan Windows Store. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah para pengguna untuk mengunduh aplikasi di Windows Store, selain itu juga memudahkan para developer untuk mengontrol aplikasi mereka.

Dengan Windows 8 pengguna desktop, tablet maupun smartphone akan merasakan hal yang sama. Maksudnya yaitu ketika menggunakan komputer desktop maka seolah-olah menggunakan sebuah smartphone atau tablet.

KELEBIHAN/ KEUNGGULAN WINDOWS 8

  • Tampilan Windows 8 Lebih Dinamis
    Seperti tablet dan smartphone, komputer yang menggunakan sistem operasi windows 8 juga dilengkapi dengan fitur notifikasi dan juga informasi saat ini, mengenai akun di Internet. Contohnya kotak masuk email. Selain itu pengguna windows 8 secara otomatis akan terhubung dengan situs penyedia data milik Windows, Skydrive.
  • Windows 8 mempunyai tampilan yang segar untuk dipandang
    Windows 8 mempunyai desain menu yang tersusun rapi dengan desain metro. Untuk mengakses jejaring sosial dapat langsung dilakukan di awal layar windows.
  • Proses Booting yang cepat
    Booting di windows 8 lebih cepat daripada windows sebelumnya. Untuk booting windows 8 hanya memerlukan waktu 8 detik. Di windows 8 tidak terdapat lagi flashing layar BIOS.
  • Windows 8 Lebih Aman
    Pada saat booting di windows 8 dilengkapi dengan secure boot. Secure boot itu bekerja dengan BIOS berbasis UEFI. Ketika booting Secure boot itu berfungsi untuk melindungi PC dari malware.
  • Sistem Pencarian Data Windows 8 Lebih Universal
    Jika anda mencari data di windows 8, data lebih mudah ditemukan. Untuk mencarinya hanya tinggal mengetik nama data yang ditampilkan di awal maka langsung muncul pilihan-pilihan data terkait.
  • Ketersediaan dan Kemudahan Aplikasi Pendukung
    Untuk mendapatkan aplikasi pendukung di windows 8 ada banyak pilihan dan kemudahan yang disediakan.
  • Windows 8 Cocok untuk Semua Software
    Semua software yang dapat dijalankan di windows 7 , juga dapat di jalankan di windows 8 sehingga pengguna tidak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, RAM 1 GB dan Processor Intel Atom sudah cukup untuk menjalankan Windows 8.
  • Windows 8 lebih dioptimalisasi untuk layar sentuh (touch screen)
    Pada windows sebelumnya yaitu windows 7 memang sudah support untuk layar sentuh, namun desain dan kemudahan pengoperasiannya tidak dioptimalkan. Lain halnya dengan windows 8, yang desainnya sudah dioptimalkan untuk layar sentuh jika kita menggunakan di komputer PC kita akan merasa seperti menggunakan Windows Phone.
  • Spesifikasi hardware yang rendah dan dapat dijalankan di tablet

Ingin Melihat Produknya bisa di sini >>> Windows 8.

Perbandingan Windows 8 dengan Windows 10

kemudian untuk Windows 10  ini, mungkin ini bisa dijadikan referensi bagi sobat yang bingung dan tertanya-tanya apa-apa saja yang baru di Windows 10 dan apa perbedaan Windows 10 Pro dan Windows 10 Enterprise.

Sedikit basa-basi, Windows 10 ini merupakan windows terbaru saat ini dan menurut kabar ada yang mengatakan windows yang satu ini adalah versi terakhir dari windows. Hmmm, belum pasti juga sih namun kita tunggu saja kejelasannya.

Menurut sejauh mata memandang, bisa kita lihat Windows 10 ini diliris dengan warna dominan biru gelap bercampur kehitaman. Tampaknya warna ini hampir mengikuti style sang kakek, Windows XP.

Perbandingan Windows 8 dengan Windows 10

Dari segi tampilan, pihak Microsoft pun sepertinya sudah mulai mengikuti gaya design Google yang dikenal dengan Material Design. Apakah itu? Bisa dikatakan, material design merupakan teknik design yang bersifat sederhana. Jika dulunya orang lebih suka yang lebih berwarna-warni, kini beberapa developer sudah mulai pindah dan beranjak ke style Material Design. Jadi, bisa dikatakan juga bahwa Material Design windows ini sangat dominan akan flat design. Dimana seluruh komponen dan window akan berbentuk layaknya kumpulan kotak-kotak yang tersusun rapih.

Berikut adalah beberapa bagian yang akan saya bahas mengenai kelebihan Windows 10 dibanding yang lainnya :

  • Fast Booting – Yap, ini adalah hal awal yang saya sukai dari Windows 10. Bahkan, selama menggunakan windows dari versi Windows XP, mungkin versi windows yang satu ini adalah yang tercepat. Bahkan hampir mengimbangi kecepatan boot jika OS sobat diinstall di SSD. Dengan performa dan kecanggihan engine Windows 10, proses startup PC kamu akan menjadi lebih cepat.
  • Perfomance Task Manager – Untuk bagian ini, bisa saya akui sekali lagi bahwa apapun program yang saya install di Windows 10 ini terasa lebih ringan dan smooth. Bahkan, aplikasi berat yang biasa diinstall di Windows 7 kini terlihat lebih sedikit memakan memory dan penggunaan CPU perfomance. Hmm, mungkin saja pihak Windows 10 sudah menerapkan sistem chacing process agar segala proses bisa lebih smooth.
  • Smooth in Game Mode – Buat kamu para pecinta game alias para gamers jangan takut game yang biasa kamu mainkan menjadi tidak work saat menggunakan Windows 10. Game-game yang biasa dimainkan seperti Point Blank, PES , dll pun worked loh di Windows 10. Bahkan, lebih smooth dan tidak berat dibanding saat menggunakan Windows 7. Yap, kembali akibat performa Windows 10 yang sangat minim akan penggunaan CPU.
  • Mailers – Tahu Microsoft Outlook ? Tampaknya fitur-fitur dan keunggulan dari software tersebut akan digantikan oleh Mailers bawaan Windows 10. Disini, tampilan mailers akan tampak lebih bagus dan smooth jadi sobat akan merasa lebih nyaman dalam menerima serta membaca email.
  • Edge Browser – Ini dia nih yang ditunggu-tunggu para Developers. Browser bawaan Internet Explorer yang biasa menjadi musuh para Web Developer telah berganti menjadi Microsoft Edge. Sejauh ini, tampaknya browser yang satu ini sudah support dengan beberapa fitur CSS terbarukan sehingga tampilan web yang kamu kunjungi dengan IE tidak akan kacau lagi.
  • Start Menu – Buat kamu pengguna Windows 8 tentunya sangat kangen bukan dengan tombol yang satu ini? Setelah banyak mendapat feedback windows 8, kini pihak microsoft sudah merealisasikan kembali keinginan para usernya. Start menu di Windows 10 kembali hadir dengan sistem gabungan style windows 7 dan 8 dimana pada bagian kiri terdapat list program dan sebelah kanan merupakan list features dan utilities.

Jadi, menurut kami pililah Windows yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan sesuai dengan spesifikasi yang sudah di tentukan. Mudah-mudahan bisa membantu sobat Sodagar dalam memilih Windows mana yang Lebih Cocok untuk anda sendiri.

Demikian artikel perbandingan Windows 8 dengan Windows 10, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp
1

Main Menu